Mengatasi Sembelit pada Bayi


Sembelit pada bayi memang sering kali terjadi, hal ini biasanya membuat ibu khawatir dengan kondisi bayi. Terkadang ibu kebingungan untuk mengatasi sembelit pada bayi ini, seharusnya ibu tidak perlu takut berlebih dengan kondisi bayi tersebut. namun dalam hal ini mencari solusi bagaimana supaya bayi bisa sembuh dari sembelit. Sebelum kita lebih jauh membahas mengenai cara mengatasinya, sebaiknya kita ketahui dulu mengenai penyebab dari sembelit tersebut. 

Penyebab Sembelit Pada Bayi

Ada beberapa penyebab kenapa bayi biasanya sembelit, diantaranya yaitu;

Dikarenakan Susu formula
Rentan sekali bayi yang mengkonsumsi susu formula ini terkena sembelit, jika dibandingkan dengan bayi yang mengkonsumsi ASI. Ini disebabkan karena kandungan protein yang ada pada susu formula yang biasanya menyebabkan sembelit.

Bayi Dehidrasi
Tidak hanya orang dewasa saja yang terkena dehidrasi, akan tetapi bayi pun juga. Ini karena ada beberapa faktor kenapa tubuh bayi kekurangan cairan yaitu seperti ketika giginya tumbuh, sariawan serta demam. Selain itu dehidrasi juga bisa mengakibatkan tinja bayi menjadi keras kemudian menjadi sulit dikeluarkan. 

Terlalu Banyak Mengkonsumsi Makanan padat
Pada saat bayi sudah mulai mengkonsumsi makanan yang padat maka sering kali ini membuat pencernaan dari bayi juga akan bermasalah. Biasanya ini juga mengakibatkan tinja mengeras, hal ini karena memang bayi sebelumnya mengkonsumsi makanan cair atau yang lembut.

Nah itulah beberapa penyebab sembelit pada bayi, setelah kita tahu penyebabnya maka selanjutnya yaitu tindak lanjut mengenai cara mengatasinya.

Cara Mengatasi Sembelit Pada Bayi  
Bunda tidak perlu panic mengenai bayi yang sembelit ya, nah kini kami memiliki beberapa cara untuk mengatasinya. 

1. Biasakan Bayi harus aktif
Pastikan membuat bayi Anda selalu aktif, hal tersebut akan dapat membantu tinja yang terdapat di dalam usus akan terdorong. Jika bayi sudah bisa merangkak, maka sebaiknya biarkan bayi sering melakukan hal tersebut. Namun jika bayi belum bisa merangkak maka bunda bisa menggerakkan kakinya seperti halnya mengayuh seperti ketika waktu bermain.

2. Pijat bagian perut
Jika bayi mengalami sembelit cobalah untuk bunda menggunakan caa memijat bagian perut, tapi secara halus dan perlahan ya bunda? Nah sebelum memberikan pijatan sebaiknya gunakan lotion yang khusus digunakan untuk bayi seperti Kuntoem Comforting Cotton Lotion yang tentu saja dapat memberikan efek menenangkan, karena memiliki kandungan yang dengan bahan dasar alami yang terdapat  didalamnya. Dengan begitu maka tentu saja bayi akan jadi merasa nyaman dan rileks.

3. Mengganti susu formula
Jika bayi mulai mengalami sembelit pada saat bunda memberinya susu formula maka bunda bisa mengganti merk susu formula yang diberikan kepada bayi. Selain itu bunda juga harus konsultasi ke dokter untuk bisa mendapatkan saran terbaik mengenai masalah konsumsi susu formula untuk bayinya.

4. Perhatikan Makanan bayi
Pada saat bayi sudah memasuki fase memperoleh makanan padat, maka sebaiknya usahan jangan langsung memberik porsi yang berat. Sebaiknya bunda memilihkan makanan untuk bayi yang kaya serat serta berikan dengan porsi secukupnya saja. 

5. Mandikan Bayi dengan air hangat
Untuk apa fungsinya bayi dimandikan dengan air hangat? Tentu saja ini untuk membuat bayi supaya menjadi lebih tenang dan rileks. Dengan menggunakan air hangat membuat bayi lebih rileks, maka bunda bisa memberikan pijatan yang halus ke tubuh si bayi, ini berguna supaya tinja lebih cepat keluar.

6. Cukupi kebutuhan cairan bayi
Supaya proses pencernaan yang terdapat di dalam tubuh bayi Anda bisa berjalan dengan lancar, maka sebaiknya memberikan cairan yang cukup untuk kesehariannya. Contohnya yaitu seperti memberikan ASI yang cukup atau pada saat bayi memasuki usia 6 bulan maka Anda bisa memberikan air putih juga. 

Nah bunda pastikan bahwa bayi sehat tanpa sembelit, beberapa cara diatas untuk mengatasi sembelit pada bayi semoga bisa menjadi referensi untuk bunda ya?
 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.