Dalam perkembangan zaman saat ini banyak hal yang berubah. Perubahan terjadi dibanyak aspek salah satunya dibidang Fashion. Dalam pandangan islam hukum-hukum maupun aturan dalam berpakaian diatur. Dunia fiqih  Mengatur mengenai hal-hal ssperti ini. Bagaimana tata cara berpenampilan, berbusana, hingga busana yang boleh dan tak boleh digunakan. Busana menjadi salah satu hal yang kini tengah menjadi sorotan, terutama gaya busana muslimah. Banyak desainer yang kini berlomba menciptakan fashion yang ramah dengan para muslimah. Selain itu tran busana juga mulai merubah gaya busana para muslimah itu sendiri. Mulai dari baju, hingga hijab yang mulai bermunculan. Hal itu membuat beberapa kaum muslim mendiskusikan terkait fiqih modern. Akibatnya pun diasakan tanya jawab fiqih islam modern.

Tran Busana Para Muslimah
Perubahan zaman juga merubah gaya busana para muslimah. Aturan-aturan yang ada juga mulai berubah disesuaikan dengan perkembangan serta kebutuhan masyarakat saat ini. Gaya busana memang menjadi salah satu hal yang akan disorot pertama kali saat bertemu seseorang. Untuk itu mereka akan berlomba dalam hal gaya busana yang dikenakan. Hal ini juga dialami oleh para muslimah. Dalam hukum islam ketentuan dalam berbusana bagi para muslimah memang telah diatur. Mulai dari pakaian yang harus menutup aurat tanpa memperlihatkan lekuk tubuh, hingga penggunaan cadar yang sering menjadi perbincangan. Hal itu menuai kontroversi, tanya jawab fiqih islam modern pun dilaksanakan. Perubahan yang terjadi salah satunya faktor sosial. Faktor-faktor yang menjadi sebab terjadinya perubahan secara umum ada dua macam. Yakni dari masyarakkat itu sendiri atau dari dalam masyarakat, sperti pertambahan penduduk, temuan-temuan baru, revolusi, dan lainnya. Yang kedua yakni adanya pengaruh dari budaya lain yang masuk. 

Hal-hal diatas yang mengakibatkan timbulnya perubahan diberbagai hal. Dunia fashion muslim sedikit banyak mulai bergeser mengikuti budaya asing yang mulai masuk ke indonesia. Peraturan mengenai busana juga dilonggarkan. Dahulu para muslimah akan berkaca pada adat timur tengah terutama arab dalam hal berpakaian. Namun kini mereka tak hanya mengdopsi dari dunia timur tengah namun juga dari asia sendiri juga dari barat. Fashion muslim saat ini memadu padankan syariat dan juga tran yang sedang berkembang. Yang baru-baru ini sedang berkembang yakni dunai K-pop dimana busana para girlband dan boyband sedang digandrungi. Untuk menyiasati agar fashion muslim tetap ramah yakni dengan mengubah dan memadukan busana namun tetap seuai syariat islam. Yang dahulu tidak dibolehkan menggunakan celana bagi para muslimah kini menjadi hal yang dibolehkan. Busana mereka pun tak hanya indah dipandang namun nyaman digunakan. Tak melulu menggunakan jubah panjang seperti yang disyariatkan namun bisa menggunakan busana lain yang lebih fleksibel dan lebih nyaman. 

Pro Kontra Fashion Muslim Modern 
Fashion muslim modern memang cukup banyak mengundang pro kontra. Dari masyarakat muslim sendiri memandang fashion modern mengandung hal buruk. Yakni busana yang mulai terbuka dan ketat, penggunaan celana bagi perempuan dan lainnya. Penggunaan hijab yang kini juga mulai sedikit berubah yakni hanya menutup bagian kepala namun tak menutup bagian leher dan dada. Bagi sebagian masyarakat hal ini dapat dimaklumkan, karena memang belum siap untuk berhijab. Namun beberapa yang lain beranggapan bahwa setiap muslimah wajib berhijab. Seperti yang diketahui masyarakat muslim di Indonesia terutama para muslimah banyak yang belum berhijab.