Ibadah Dirumah Aja dengan Umma Ramadhan


Bulan ramadhan tahun 1441 H ini sepertinya menjadi ramadhan yang berbeda dari ramadhan sebelumnya. Pasalnya memang adanya pandemi virus covid-19 di tahun ini membuat ruang gerak kita terbatas. Untuk mencegah penyebaran virus covid-19 yang berbahaya ini, kita dianjurkan untuk beribadah dirumah. Nah untuk itu keberadaan aplikasi-aplikasi menarik yang dapat membantu kita dalam beribadah menjadi salah satu kebutuhan yang penting. Nah dalam hal ini Umma Ramadhan merupakan salah satu aplikasi yang sangat bermanfaat untuk membantu Anda dalam beribadah. 

Umma sendiri merupakan aplikasi media sosial untuk umat muslim di Indonesia yang di dalamnya tedapat berbagai fitur yang menarik. Apalagi di ramadhan kali ini, Umma menambahkan beberapa fitur terbaru yang pastinya membuat ibadah ramadhan Anda kali ini semakin berwarna. Dengan tagar #diummaaja, aplikasi ini mengajak umat muslim di Indonesia untuk tetap memaksimalkan ibadah dirumah terutama pada bulan suci ramadhan kali ini. 

Ditengah aturan yang tidak memperbolehkan pertemuan secara langsung seperti saat ini, Umma memberikan umat muslim alternatif untuk tetap bisa beribadah, berkomunikasi, serta menikmati kajian-kajian tentang pengetahuan Islam. Untuk itu bagi Anda yang sudah merindukan kajian-kajian majelis ilmu, tentu adanya aplikasi yang satu ini dapat menjadi obat tersendiri. 

Umma sendiri merupakan aplikasi yang memiliki fitur-fitur seperti jadwal sholat, penunjuk arah kiblat berbasis GPS, serta fitur Al-Qur’an beserta terjemahnya. Selain itu di bulan Ramadhan 1441 H ini, Umma juga menghadirkan beberapa fitur-fitur terbaru yang diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Fitur jurnal ibadah harian

Fitur jurnal ibadah harian ini merupakan fitur pengingat bagi pengguna Umma untuk melakukan kegiatan ibadah sehari-hari. Bersamaan dengan fitur pengingat ibadah harian, Umma juga menghadirkan fitur penanda pencapaian ibadah berdasarkan aktivitas pengguna. Nah untuk mendapatkan masing-masing lencana, maka penggunakan harus menyelesaikan misi ibadah seperti membaca Al-Qur’an 30 menit dalam 5 hari berturut-turu, pembuatan kartu ucapan elektronik, dan sebagainya. 

2. Fitur klinik baca Al-Qur’an

Fitur klinik baca Al-Qur’an merupakan fitur yang di dalamnya terdapat berbagai program menarik seperti one day one juz setiap waktu berbuka puasa. Selain itu ada juga klinik tahsin baca Qur’an yang memungkinkan pengguna untuk mengecek kaidah bcaan Al-Qur’an secara tartil, makhorijul huruf, serta bacaan tajwid. Cukup dengan mengirimkan rekaman pembacaan Al-Qur;an melalui fitur unggah video dalam aplikasi Umma, maka ustadz yang ada di Umma akan memberikan evaluasi. Nah evaluasi ini kemudian dapat dijadikan bahan belajar untuk memperbaiki bacaan Al-Qur’an para pengguna Umma. 

3. Fitur live streaming  kajian di Umma
Bagi Anda yang sudah merindukan majelis ilmu karena sudah lama berada dirumah, maka dibulan ramadhan tahun ini Umma menghadirkan fitur live streaming kajian-kajian Islami. Iya pada umumnya memang dibulan ramadhan seperti ini banyak majelis kajian ilmu atau pesantren kilat. Namun ditengah pandemi yang mengharuskan kita untuk tetap dirumah seperti saat ini tentu membuat ruang gerak kita untuk belajar menjadi terbatas. Nah dalam hal ini Umma menghadirkan fitur siaran langsung kajian yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan materi tentang Islam pada waktu sahur dan juga menjelang berbuka puasa. Selain itu fitur ini juga memfasilitasi pengguna Umma untuk dapat berdiskusi atau melakukan tanya jawab dengan ustadz secara langsung dari aplikasi. 

Nah dengan demikian Umma Ramadhan memberikan solusi bagi umat muslim untuk tetap dapat giat dalam beribadah dirumah selama bulan ramadhan ini. 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.